klinik-dokter-umum

Klinik Dokter Umum dan Penyakit yang Bisa Ditangani Dokter Umum

Klinik dokter umum – Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan dokter umum dan juga dokter spesialis. Meski terlihat sama kedua dokter ini memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Oleh sebab itu agar pemeriksaannya maksimal, Anda harus memeriksakan diri di dokter yang benar-benar tepat sesuai dengan keluhan Anda.

Saat ini, OMDC Dental Care rebranding menjadi OMDC Health Care dimana dengan rebranding ini OMDC memberikan layanan berupa klinik dokter umum yang bisa Anda manfaatkan. Dokter umum ini menjadi rujukan pertama saat Anda merasakan tiba-tiba sakit seperti alergi yang datang tiba-tiba, sakit kepala dan masih banyak lagi lainnya.

 

Apa itu Dokter Umum? Apa Saja Perannya?

Dokter umum ini adalah istilah yang digunakan oleh dokter yang mana fokusnya pada mengobati masalah kesehatan. Selain itu mereka juga mengatasi gejala umum yang banyak dialami oleh pasien. Dokter ini menjadi dokter layanan pada tingkat pertama. 

Peran dokter umum di klinik dokter umum adalah memberikan pencegahan, memberikan diagnosis, memberikan penanganan awal. Tidak cukup sampai disitu saja mereka juga akan merujuk ke dokter spesialis jika diperlukan. Hal ini akan dilakukan jika sudah diberikan penanganan namun tidak ada tanda-tanda perubahan. Barulah dokter umum akan merujuknya ke dokter spesialis agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Yang menjadi perbedaan yang mendasar adalah dokter umum dan spesialis ini adalah layanan kesehatan yang sifatnya menyeluruh terhadap pasien. Klinik dokter umum ini memiliki peranan yang penting dalam memberikan perawatan medis awal dan tentunya berkelanjutan untuk pasien di segala kelompok usia.

Kualitas dan Kemampuan Dokter Umum

Untuk bisa melayani pasiennya dengan baik, seorang dokter umum ini harus memiliki kualitas dan juga kemampuan seperti di bawah ini:

Ahli wawancara medis

Kemampuan dan keahlian yang pertama adalah ahli dalam melakukan wawancara medis. Sebelum memberikan obat atau resep, dokter umum ini akan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang keluhan pasien. Dokter juga akan meminta informasi lainnya yang berhubungan dengan penyakit pasien. Semakin lengkap yang dipertanyakan akan semakin bagus untuk pasien.

Hanya dari wawancara ini Anda bisa tahu apakah dokter umum tersebut kompeten atau tidak. Dokter umum yang baik akan kritis dalam memberikan pertanyaan, dia antusias terhadap jawaban yang diberikan pasien, berbeda dengan dokter yang kurang kompeten dimana mereka akan asal cepat dalam memeriksa pasien.

Ahli Pemeriksaan Fisik

Dokter umum juga ahli dalam melakukan pemeriksaan fisik secara umum, tujuannya untuk bisa mendiagnosis dan juga menentukan pengobatan yang tepat untuk pasien. Dokter akan melakukan tensi, memeriksa kelopak mata, tenggorokan dan sebagainya secara menyeluruh. 

Vaksinasi dan Merawat Luka

Dokter umum memiliki kemampuan dalam melakukan vaksinasi dan juga merawat luka. Saat ada yang terluka, mereka langsung melarikan ke dokter umum sehingga kemampuan ini harus dimiliki oleh dokter umum.

Pemeriksaan Penunjang yang Sederhana

Dokter umum juga memiliki kemampuan pemeriksaan penunjang yang sederhana. Pemeriksaan sederhana yang bisa dilakukan tersebut seperti tes urine maupun tes darah. Setelah tes dilakukan, dokter akan melakukan interpretasi hasil tersebut.

Rehabilitasi Medis Dasar dan Edukasi

Dokter umum harus mampu melakukan rehabilitasi medis dasar, melakukan edukasi maupun konseling agar penyakit tidak memicu komplikasi lebih lanjut. Selain itu dokter umum bisa melakukan tindakan pencegahan yang mana bisa mengarahkan pasien agar bisa menjalani pola hidup yang sehat.

Mengusulkan Pemeriksaan Penunjang dan Rujukan Spesialis

Dokter umum ini harus bisa mengusulkan tes penunjang lain seperti rontgen yang disesuaikan dengan gejala pasien. Selain itu dokter umum harus bisa merujuk ke dokter spesialis yang sesuai.

Penyakit yang Bisa Ditangani

Sebelum memeriksakan diri ke klinik dokter umum, sebaiknya Anda mengetahui penyakit apa saja yang bisa ditangani oleh dokter umum. Hal ini bertujuan agar pemeriksaan yang Anda dapatkan ini maksimal. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa mendapatkan penanganan di klinik dokter umum:

  • Mabuk perjalanan.
  • Kejang dan demam.
  • Migrain, sakit kepala, dan vertigo.
  • Insomnia atau penyakit susah tidur.
  • Nyeri sendi maupun otot.
  • Gangguan di mata seperti konjungtivitis dan juga mata kering.
  • Infeksi telinga seperti otitis eksterna.
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Infeksi saluran pernapasan akut seperti flu, radang tenggorokan, amandel maupun laringitis.
  • Rhinitis alergi maupun akut.
  • Demam tifoid.
  • Masalah pencernaan seperti asam lambung, diare, konstipasi, maupun gastritis.
  • Alergi makanan. Dokter juga bisa memeriksa dan menangani keracunan makanan maupun intoleransi makanan.
  • Penyakit paru-paru seperti TBC tanpa komplikasi, pneumonia, bronchitis akut dan juga asma. Jika TBC sudah komplikasi harus diperiksakan ke spesialis bukan di dokter umum lagi.
  • ISK atau Infeksi Saluran Kemih.
  • Kekurangan zat besi atau anemia.
  • Mastitis atau infeksi payudara.
  • Penyakit metabolik. Contohnya seperti asam urat, malnutrisi, obesitas dan kolesterol tinggi.
  • Penyakit yang berhubungan dengan masalah kulit. Misalnya adalah eksim atopik, biduran, kutu, kudis, infeksi jamur di kulit, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain beberapa penyakit diatas masih ada penyakit lainnya bisa ditangani oleh dokter umum. Meski begitu penyakit tersebut tidak bisa ditangani secara menyeluruh atau keseluruhan. Penyakit tersebut adalah meningitis, epilepsi, PPOK maupun gagal jantung, dan glaukoma akut. Untuk hasil yang maksimal penyakit tersebut harus ditangani oleh spesialis supaya diberikan pemeriksaan yang jauh lebih detail dan menyeluruh.

Yang Harus Disiapkan

Sebelum datang ke klinik dokter umum ada yang harus Anda siapkan seperti menuliskan gejala yang Anda rasakan. Gejala yang Anda rasakan ini harus ditulis dan dijelaskan secara detail supaya dokter bisa mudah dalam melakukan diagnosis terhadap penyakit Anda.

Anda juga wajib untuk membuat daftar pertanyaan lain yang berkaitan dengan yang Anda alami, kemudian catat obat apa saja yang Anda konsumsi. Bawa semua laporan pemeriksaan jika Anda pernah melakukan pemeriksaan sebelumnya. Selain itu Anda harus membawa kartu jaminan kesehatan dan ajak teman atau anggota keluarga untuk bisa mendampingi Anda. 

Periksa di Klinik Dokter Umum OMDC 

OMDC Health Care memberikan layanan terbaik dari dokter umum terpercaya. Semua dokter di OMDC ini profesional dan berpengalaman. Anda tidak perlu takut untuk memeriksakan disini karena protokol kesehatan yang diberlakukan aman seperti sanitizer diberikan pada beberapa sudut yang memudahkan pasien untuk menggunakannya.

OMDC membuat ruang tunggu diberikan jarak sehingga meminimalkan risiko penularan virus. Selain itu membuat peraturan berupa pasien wajib menggunakan masker. Semua dokter yang praktek disini menggunakan APD yang lengkap. Meja kasir juga meja pemeriksaan ini diberikan pembatas berupa acrylic sehingga keamanannya sangat terjamin. Dengan protokol kesehatan ketat yang dilakukan OMDC, Anda bisa periksa dengan aman dan nyaman disini.

 Jangan tunggu sampai parah baru berobat. Periksakan diri Anda di klinik dokter umum OMDC sekarang juga, pelayanan yang diberikan memuaskan ditunjang dengan peralatan yang lengkap dan tim dokter yang berpengalaman, selain itu klinik OMDC terbukti keamanan dan kenyamanannya, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.

Daftar Harga