Lihat bagian yg berwarna putih kekuningan itu? Nah itu yang disebut KARANG GIGI. Karang gigi adalah sisa - sisa makanan dan kotoran di dalam mulut yang melekat erat pada permukaan gigi dalam jangka waktu lama sehingga mengeras dan berwarna putih kekuningan serta tidak bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi.

Karang gigi yang lama tidak dibersihkan dapat menyebabkan gusi berwarna merah, bengkak dan mudah berdarah lho! Suka merasa ada bau dari dalam mulut? Atau ada darah yang keluar saat sikat gigi? Atau bahkan lagi ga sikat gigi pun tercium bau - bau darah dari dalam mulut? Jangan - jangan sudah mulai menumpuk lagi karangnya.. hmhmhm..

Nah, proses pembersihkan karang gigi namanya scaling. Ada yang pernah scaling? Bagaimana rasanya setelah di scaling? Lebih fresh kan? Bicara sama orang lebih percaya diri, senyum juga pasti lebih pede.

Kapan terakhir cek ke dokter gigi? Scaling wajib dilakukan minimal 3 - 6 bulan sekali lho!

Salam #NyengirTerus OMDC's :)

Ada yang pernah denger atau merasakan tumbuhnya gigi bungsu? Yuk coba buka mulut terus hitung dari depan, gigi geraham kesatu, kedua, ketiga! Nah, ada yg punya gigi geraham ketiga? Punya tapi tumbuhnya hanya keliatan sedikit atau bahkan ga punya sama sekali? Atau keliatannya ga ada padahal di dlm gusi sebenernya adaaa? Nah lhooo!

Gigi bungsu atau gigi geraham ketiga yaitu gigi geraham yg paling terakhir tumbuh yang letaknya di ujung paling belakang.
Nah, sayangnya si gigi geraham ketiga bungsu ini kalaupun tumbuh, 80 persen kasus tumbuhnya selalu bermasalah. Bisa miring, entah posisinya miring sedikit ke kiri/kanan/tidur. Atau gigi bungsu ini juga bisa lho tidak tumbuh sama sekali.


Gigi ini sering menimbulkan masalah karena mulai tumbuh di saat pertumbuhan rahang kita sudah berhenti sehingga tidak mendapat cukup ruangan untuk tumbuh. Sehingga gigi bungsu ini tumbuh tidak sempurna dengan posisi yang tidak baik. Nah, keadaan inilah yang disebut IMPAKSI. Selain pada gigi geraham, impaksi bisa terjadi pada gigi lain.

Gigi bungsu ini umumnya muncul pada usia 18-30 tahun. Tapi bisa juga lebih cepat atau lebih lambat.
Nah, jika didiamkan, gigi bungsu yang biasanya hanya muncul sebagian, karena sulit dibersihkan biasanya dapat menyebabkan terjebaknya makanan sehingga menimbulkan lubang pada si gigi bungsu tersebut diikuti lubang oleh gigi sebelahnya, rasa sakit pada sebagian rahang, bahkan yang lebih parahnya bisa menimbulkan keganasan.

Jadiii mau sampai kapan memelihara penyakit yang ada di dalam mulut?? 😊

Yuuk segera konsultasikan keadaan gigi bungsu kamu yang sudah mengganggu itu. πŸ˜Š

Sering denger istilah bleaching? Iya ini dia pengertian sederhananya. Bleaching menggunakan bahan carbamide peroxyde dan hydrogen peroxyde (dalam kandungan tingkat persentase yang berbeda-beda) yang sudah terbukti keamanannya dan harus dilakukan dalam Pengawasan Dokter Gigi. Kenapa? Karena kondisi gigi setiap orang berbeda-beda, sehingga perawatan yang diberikan pun juga berbeda-beda. Pasti jadi impian semua orang ya punya gigi yang hits cerah bersinar? Yuuk konsultasikan terlebih dahulu kondisi gigimu ya dear πŸ˜Š

Nah OMDC's...gigi kita itu punya tingkat warnanya masing-masing. Pernah lihat indikator pengukur warna gigi atau biasa dokter gigi sebut dengan shade guide? Nah shade guide ini lah yang dijadikan patokan warna untuk gigi, jadi ada tuh warna dari kuniiing banget sampai warna yang putiiiih banget. Biasanya sebelum memulai bleaching, dokter gigi akan mengecek tingkat warna gigi kamu ada di posisi mana. Pastinya antara satu org dengan org lain berbeda-beda dong yah? Nah karena warna sebelumnya juga berbeda, maka pasti hasil akhir setiap orang pun juga berbeda-beda. 😊

Masih penasaran juga apalagi yang bisa menyebabkan hasilnya berbeda - beda? hehe..! Faktor lainnya lagi nih misalnya kamu punya kebiasaan mengkonsumsi minuman seperti teh, kopi yang rutin banget ditambah makanan - makanan bersantan, terus rokok yang aktif banget setiap harinya. Nah dibanding temen kamu yang ga punya kebiasaan mengkonsumsi makanan minuman tersebut, pasti hasilnya akan berbeda dong ya?

Aaah masih banyak lagi yang mau diceritain, tapi biasakan dulu mulai sekarang hidup sehat yah! Makanan minumnya bener - bener harus dijaga. Biasakan kumur air putih dan tetap sikat gigi rutin sehari 2x! Love your teeth and stay positive πŸ˜Š

Jadiii, rawat gigimu sebaik mungkin yaa! Jangan didiamkan kalau memang sudah ada indikasi berlubang, lubang sekecil apapun SEGERA ditutup lho supaya tidak meluas lebih dalam..! Semakin lama kamu diamkan, semakin memakan waktu dan biaya lebih banyak! Lebih baik MENCEGAH daripada MENGOBATI kaaaannnn?? Masa iya setiap hari kita makan tapi dengan keadaan gigi yang tidak nyaman? Pssstttt bau mulut bisa berasal dari gigi berlubang lhoo! 
.
Jadi, kalau kata lagu lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, yakin niiihhh?? Hihi πŸ˜Š

Obat yang kamu minum itu hanyalah PEREDA rasa sakit SEMENTARA, bukan untuk MENGHILANGKAN penyebab utama SAKITNYA. Jadiii mau minum obat yang terbagus sekalipun, sebanyak apapun kalau tetep ga diobatin langsung di giginya percaya deh sampe kapan pun juga rasa sakitnya akan tetep hilang timbul. Iya ilang timbul, skrg ilang bsk timbul lagi 😜😜
.
Jadi gimana dok? Yaa harus ke dokter gigi doongs..! Dokter gigi yg akan membantu mengetahui penyakit kamu dan memberikan terapi terbaik pada gigi kamu tersebut sehingga rasa sakitnya perlahan menghilang. Lagian kebanyakan minum obat kan juga ga bagus lho! 😊😊
.
Hayoo siapa yg tiap sakit gigi dikit2 minum obat? πŸ˜‹
Love Your Teeth and Stay Positive! πŸ’–