Our Story

OMDC History

OMDC Dental Clinic lahir dari ide sederhana founder OMDC, drg. Oktri Manessa agar setiap orang dari seluruh lapisan masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan edukasi, serta perawatan gigi dan mulut yang layak.

Perjalanan OMDC dimulai dengan kisah drg. Oktri Manessa yang akrab disapa drg. Oktri dalam masa pengabdian beliau sebagai dokter gigi PTT di Desa Ie Alang Masjid, suatu desa yang sangat terpencil di kabupaten Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam.

Pada hari pertama, beliau menemukan fakta bahwa jumlah masyarakat sekitar yang melakukan perawatan ke poli gigi puskesmas perbulan sangatlah kecil, tidak sampai 10 orang setiap bulannya. Kemudian beliau berinisiatif untuk terjun langsung ke lapangan dan menemui masyarakat sekitar serta kepala desa yang biasa disebut ‘Keuchik’ di Aceh.


Saat beliau bertemu dengan masyarakat, banyak hal dan fakta yang beliau temukan. Ternyata baru pertama kali masyarakat sekitar bertemu langsung dengan seorang dokter gigi setelah bertahun-tahun tinggal di desa tersebut. Mereka sangat tidak teredukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut, bahkan banyak dari mereka yang tidak memiliki sikat gigi, apalagi tahu bahwa ada dokter yang khusus menangani kesehatan gigi dan mulut. 
 
Kemudian, sepulang beliau dari Aceh, drg. Oktri juga melihat bahwa fakta yang sama terjadi di masyarakat ibu kota yang notabene mempunyai gaya hidup yang jauh lebih modern. Kemudian drg. Oktri bersama suami, Bapak Toto Syarief Hidayatulloh memutuskan untuk melakukan survey kepada masyarakat dengan pertanyaan “Kenapa anda tidak pergi ke dokter gigi?”. Setelah proses yang cukup panjang, akhirnya mereka menemukan 3 fakta bahwa pandangan masyarakat mengenai pergi ke dokter gigi identik dengan MAHAL, TAKUT, dan MALAS ANTRI.

Sejak saat itu Pak Toto dan drg. Oktri mengembangkan konsep dan inovasi untuk memberikan solusi bagi ketiga keresahan masyarakat tersebut. Maka lahirlah OMDC yang mengusung misi sosial yaitu membuat senyum seluruh lapisan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik lagi. OMDC menghadirkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan harga yang terjangkau, mengusung konsep unik serba fuschia dengan fasilitas yang nyaman, hingga adanya sistem reservasi yang terjadwal sehingga mempermudah pasien untuk menyesuaikan waktu dengan jadwal dokter dan tindakan. 

Berawal dari hanya satu dental unit di Tanjung Barat, drg. Oktri bersama tiga orang timnya memulai perjalanan mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang terbaik bagi masyarakat sekitar. Tak disangka, dalam kurun waktu yang sangat singkat yaitu hanya 13 bulan, drg. Oktri dan tim berhasil mendapatkan pencapaian yang diharapkan. Dukungan serta sambutan yang begitu baik dari banyak pihak membuat beliau memberanikan diri untuk membuka klinik gigi pertamanya yaitu OMDC Dental Clinic Mampang di tahun 2014. Tidak berhenti disitu, demi menjangkau masyarakat secara lebih luas lagi, drg. Oktri terus melebarkan sayap OMDC dengan membuka cabang-cabang baru. Hingga saat ini, tim yang membantu drg. Oktri dalam menjalankan misi sosialnya sudah berkembang cukup pesat dan kerap disebut OMDC Inspiring Team. Bersama 102 Inspiring Team dan 45 dokter gigi umum serta dokter gigi spesialis, OMDC kini mampu melayani lebih dari 5.000 pasien setiap bulannya.

Untuk dapat mewujudkan cita-cita drg. Oktri akan adanya kesadaran dan pengetahuan yang baik mengenai kesehatan gigi dan mulut, OMDC mengusung tagline "Going to OMDC is a lifestyle". Terbukti hingga kini banyak masyarakat yang sudah menjadikan perawatan gigi sebagai bagian dari gaya hidup mereka sehari-hari.


OMDC Journey
1515504366110.jpg